Rabu, 23 Maret 2011

Ini Dia, Tips Kreatif Tumbuhkan Semangat Belajar



Selasa, 22 Maret 2011 | 15:01:00 WIB

Tips Kreatif Tumbuhkan Semangat Belajar

Tips Kreatif Tumbuhkan Semangat Belajar: (ilustrasi: faridbj.blogspot.com)
Dalam artikel tak lazim, inioke pernah mendaftarkan dua sekolah termewah dunia. Dalam sekolah ini, tata ruang dan tata gedung diciptakan seperti di mall. Fasilitas yuang disediakan untuk siswa pun sangat lengkap.

Jika sekolah Indonesia diciptakan demikian, tentu akan semakin banyak orang meningkatkan semangatnya untuk belajar di sekolah. Sayangnya, kondisi itu sangat mustahil terjadi di Indonesia. Sebab, pendidikan di Indonesia masih terbatas pada SDM, dan belum banyak yang memajukan fasilitas sekolah itu sendiri.

Lantas, apakah kita akan berdiam diri?
Tentunya tidak, karena semangat belajar itu tetap bisa diciptakan dengan menciptakan mood yang bagus. Sebagai pelajar, kita yang harus pandai menciptakan mood tersebut agar belajar menjadi menyenangkan.Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, maka kita harus bisa menciptakan kondisi belajar yang kreatif. Terkadang, beberapa pemikiran kreatif dibutuhkan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Nah, sebagai isnpirasi, inioke ingin berbagi dengan teman-teman semua. Simak yuk tips oke untuk meningkatkan semangat belajar.

Meja Belajar Lebih Rapi
Meja adalah salah satu perangkat utama kegiatan belajar. Untuk itu wajib ada dan ditata sedemikian rupa agar kita merasakan lebih betah.

Jadwal Pelajaran Karya Sendiri
Buatlah jadwal belajar sendiri. Ini diprediksikan dapat memicu kreatifitas.

Musik Ringan Pemicu Semangat
Irama dan musik adalah spesifikasi bidang kerja otak kanan, yang jika diaktifkan akan mampu menghilangkan kejenuhan anak.

Bermain Kartu Matematika
Permainan kartu, biasanya sangat menarik, bahkan hanya dengan sekadar mengoleksi beragam gambarnya pun kita merasa senang sudah senang. Agar belajar menyenangkan, tak ada salahnya jika sesekali bermain kartu matematika ketika suasana belajar mulai menunjukkan kejenuhan.

TTS Sejarah
TTS Sejarah diprediksikan sebagai salah satu cara yang ampuh dalam menghafal pelajaran. Sebab, hanya dengan menggunakan otak kiri, belajar akan menjadi melelahkan dan tidak optimal. Sebaliknya, dengan menciptakan sebuah permainan dan teka-teki tentang hafalan tersebut, akan mengaktifkan otak kanan dan membuat hafalan menjadi mudah.

Spidol Warna-Warni
Sensasi warna akan mengaktifkan otak kanan. Jadi, kenapa tidak menyiapkan aneka spidol warna untuk membantumu bersemangat dalam belajar.

Foto, Motto dan Hiasan di Dinding
Sifat dasar manusia adalah suka melihat dirinya sendiri. Kebanggaan itu bisa kok dimanfaatkan untuk memacu semangat dalam belajar. Pilih yuk foto atau hiasan yang bisa dipajang di sekitar meja belajarmu. Dan, akan lebih bagus jika ditambah dengan motto yang menginspirasi dari tokoh terkenal.

Membuat Rekaman Pelajaran
Beberapa pelajar senang memiliki gaya belajar audio. Mereka lebih suka belajar menggunakan telinga, membuat rekaman pelajaran akan membantunya menangkap maksud pelajaran. Jika kamu tertarik, bisa juga dicoba.

Perpustakaan Mini
Wah, kalau ini sangat diperlukan nih. Semakin banyak buku dan fasilitas belajar yang tersedia, akan semakin mudah membangkitkan semangat belajar. Ayo, buat perpustakaan mini dengan menata buku-buku yang kamu punya.

Merangkum dengan Mind Mapping
Cara kerja otak ternyata tidak linear, tetapi ke segala arah. Itu sebabnya, cara mencatat dengan hanya searah, yaitu horizontal dari kiri ke kanan, justru membuat otak cepat lelah. Dengan membuatnya menyebar ke segala arah, lebih mudah untuk ditangkap otak. Makanya, manfaatkan saja mind mapping, biar semakin terarah cara berpikirmu.

Lagu Khusus Untuk Hafalan Pelajaran
Bagi pencinta musik, tak ada salahnya jika menciptakan lirik khusus sesuai bahan pelajaran yang dipelajari. Dengan menggantikan lirik lagu favorit yang sudah dihafal dengan rumusan mata pelajaran jadi semakin asyik tuh.

Kartu Pos Rumus-Rumus
Agar semakin menarik menghafal rumus, yuk buat buat hiasan untuk daftar kumpulan rumusnya. Dihias dalam kartu pos, wah semakin bersemangat deh menghafalnya.

Selain tips tersebut, bisa juga loh dengan melakukan percobaan kecil. Percobaan sederhana, selain menggembirakan, juga memudahkan kita untuk memahami bahan pelajaran.

Tak hanya itu, rumah pun bisa didesain sebagai tempat belajar. Pintu kamar, televisi, rak buku, hingga dinding kamar mandi bisa ditempelkan kartu rumus/hafalan agar berfungsi sebagai tempat belajar. Lalu, sesekali buatlah pertanyaan sendiri. Pada dasarnya, kita lebih suka membuat pertanyaan daripada jawaban. Dengan membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya, kita akan menemukan jawabannya sendiri.

Wah, banyak juga tips kreatif untuk menumbuhkan semangat belajar. Sekarang, mari dicoba yuk! (ria/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar